Vespa klasik
![]() |
| sumber image : google image |
Umumnya vespa adalah motor yang jarang di gemari pada kalangan anak muda tetapi kebanyakan para pecinta motor klesik atau kolektor sangat memburunya, Mungkin seseorang dapat mengatakan bahwa vespa adalah motor yang jadul ternyata banyak sekali para pemuda yang membuat kumpulan anak vespa di indonesia, contoh kumpulam vespa da indonesia seperti: SMS(Sekuter Montor Semok), RASTA VARA, dan Satu Vespa Sejuta Saudara. Vespa kendaraan yang sangat di sukai para anak komunitas di indonesia.
Agar vespa dapat digunakan dengan baik motor memerlukan perawatan khusus. Berikut langkah-langkah merawat vespa yang baik:
1.Cek aki montor
Untuk sejumlah montor vespa gnerasi 80-an, sudah memanfaatkan aki untuk menghidupkan mesin. komponen ini cukup vatal sehingga butuh pengecekan yang sangat rutin. Pasalnya, jika tidak dirawat seperti montor yang lain pada bagian kapala aki sering timbul kerak yang membuatnya tidak berfungsi dengan baik atau dengan optimal. Untuk membersiskan nya sangat mudah, lepas kapala aki dan siram dengan menggunakan air panas dan sikat.
2. Periksa busi
Hal ini sering disebut penyakit montor, Cara kerja mesin 2 tak memungkun kan kerak pada mesin karna sistem oprasi busi montor yang tidak optimal.Bahkan sering di jumpai busi haris diganti 3 bulan sekali disebapkan pengapian busi yang terlalu besar. Untuk memperpanjang usia busi, kerak yang terdapat pada busi sering di bersihkan. Maka itu kundisi busi harus diperhatikan jika tidak busi akan rusak atau mati.
3. Wadah Bensin pada vespa
Kebanyakan vespa sudah memiliki 2 buah tangki wadah yaitu wadah bensin dan oli. Tujuan merawat ke dua buah tabung tersebut adalah agar memastikan ali dan bensin tercampur bukan pada saat nya, yang biasanya menyebapkan vespa mogok dan membuat busi montor menjadi basah dengan oli mesin.
4. Pakailah Oli samping yang terbaik
Selain merawat busi montor kita harus memper hatikan oli mesin atau oli samping, Jika oli samping yang anda gunakan bagus pasti mesin akan normal dan berjalan dngan baik. Bedahal nya dengan anda menggunakan oli mesin yang salah mesin sering sekali rewel atau kebanyakan mogok, jadi oli samping harus sering di amati jika tidak ilo biasanya akan mengandap pada mesin yang dapat menyebabkan vespa rusak.
5. Kabulator
Bagian ini jangan sampai terlupakan, kabulator ini sangatlah pentig. Kegunaannya adalah mencampur bahan bakar dan udara sebelum masuk ke ruang bakar. Sering di dapati kabulator sangat kotor karna di sebabkan kualitas BBM. Upayakan kabulator tetap bersih sehingga dapat membut montor tetap tarjaga dari kerusakan.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar